Jumat, 21 November 2008

UTS GEOGRAFI POLITIK

Nama : Octodira Sari Ardini

NIM : 0607295

UTS : geografi politik

  1. Jelaskan ruang lingkup kajian geografi politik!

Jawab : - environmental relationship menekankan pada studi perbedaan wilayah suatu negara dan penduduknya yang ada di muka bumi. Perbedaan wilayah suatu negara merupakan hal utama yang membedakan antara suatu negara dengan negara lainnya. Karena luas wilayah merupakan faktor pendukung dalam kemajuan suatu negara. Dan perbedaan penduduk juga merupakan hal pendukung dalam kemajuan suatu negara. Selain jumlah penduduk, kualitas SDMnya juga mempengaruhi kemajuan suatu negara. Sehingga studi perbedaan suatu wilayah dan penduduk suatu negara menjadi hal penting dalam kajian geografi politik.

- national power / kekuatan negara

Kekuatan sebuah negara merupakan hal yang sangat mendukung dalam kajian geografi politik. Karena kekuatan suatu negara menjadi hal penting dalam usaha memajukan negara.

- political region menitikberatkan pada hal-hal yang bersifat teoritis yaitu dasar, tujuan, ruang lingkup geografi politik serta pengorganisasian keruangan.

  1. Jelaskan pendekatan geografi politik dalam membahas objek studi serta contoh pendekatan!

Jawab : - pendekatan historis. Terkait asal mula dan perkembangan suatu negara. Maksudnya adalah perkembangan suatu negara baik dalam hal politik, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya.

Contohnya : Indonesia awalnya terdiri dari berbagai kerajaan. Seiring waktu, kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia hancur satu-persatu. Kemudian negara Indonesia dijajah oleh berbagai negara. Dengan semangat gotong royong dan semangat merdeka, akhirnya Indonesia berusaha mengusir penjajah. Walaupun kondisi ekonomi Indonesia pada saat itu terpuruk, tapi dengan berjalannya waktu Indonesia bangkit. Dan sekarang Indonesia telah mulai membenah diri untuk bisa mengejar ketinggalannya dari negara lain. Seperti USA, Singapura, Jepang, dan negara-negara lain.

- pendekatan faktual. Pendekatan ini menekankan pada kondisi geografis suatu negara berpengaruh terhadap kehidupan politiknya.

Contohnya : negara-negara gurun yang dilewati oleh Sungai Nil. Walaupun negara-negara tersebut beriklim panas yang menyebabkan jumlah mata air sangat sedikit, tetapi negara-negara tersebut bisa dikatakan maju. Karena negara-negara tersebut mempunyai banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan. Selain negara-negar gurun, negara-negara yang mempunyai 4 musim seperti USA juga telah maju.

- pendekatan fungsional. Pendekatan ini mempelajari tentang bagaimana suatu negara membela dirinya sendiri.

Contohnya : Indonesia berupaya mempertahankan negaranya dari penjajah.

- Pendekatan relationship. Merupakan pendekatan yang berhubungan dengan faktor alam dan aspek politik.

Contohnya : faktor SDA yang melimpah dan SDM yang baik merupakan faktor utama dalam kemajuan suatu negara

  1. Geografi politik berbeda dengan geopolitik. Jelaskan perbedaan dan contoh konkrit minimal 2!

Jawab : geografi politik dan geopolitik mempunyai perbedaan dalam bidang kajian dan pemahaman. Pemahaman tentang kekuatan dan kekuasaan yang dikembangkan di Indonesia didasarkan pada pemahaman tentang paham perang dan damai serta disesuaikan dengan kondisi dan konstelasi geografi Indonesia. Sedangkan pemahan tentang negara Indonesia menganut paham kepulauan, yaitu paham yang dikembangkan dari asas archipelago yang memang berbeda dengan pemahaman archipelago di negara-negara barat pada umumnya.

Contohnya : 1. pandangan ajaran Sir Halford Mackinder yang menganut konsep kekuatandan mencetuskan wawasan benua, yaitu konsep kekuatan di darat

2. pandangan ajaran Nicholas J. Spykman yang menghasilkan teori yang dinamakan teori daerah batas, yaitu teori wawasan kombinasi yang menggabungkan kekuatan darat, laut, dan udara. Dalam pelaksanaannya teori ini disesuaikan dengan keperluan dan kondisi suatu negara.

  1. Studi kekuatan (power) negara-negara menjadi bagian dari kajian geografi politik. Jelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi kekuatan suatu negara!

Jawab : - faktor geografi

Merupakan faktor utama dalam mempengaruhi kekuatan suatu negara. Karena luas wilayah, bentuk, batas negara merupakan faktor pendukung dalam kemajuan suatu negara. Jika suatu negara semakin maju, maka negara tersebut akan semakin kuat.

- faktor sumber pendapatan alami

sumber pendapatan alami merupakan sumber pendapatan negara yang berasal dari negara itu sendiri. Contohnya adalah pendapatan negara yang berasal dari pajak negara, serta dari makanan yang terjual di negara tersebut.

- faktor kemampuan industri

kemampuan industri merupakan kemampuan suatu negara memajukan wilayahnya dengan meningkatkan fungsi dan hasil industri. Karena suatu negara bisa dikatakan maju jika negara tersebut berpendapatan dari hasil industri dan jasa bukan dari hasil pertanian.

- faktor militer

kekuatan dalam bidang milietr merupakan hal mutlak yang diperlukan dalam kekutan suatu negara. Karena suatu negara dikatakan kuat jika sudah mempunyai kekutan militer yang cukup memadai.

- faktor populasi

jumlah penduduk yang mempunyai daya fikir yang luas merupakan hal yang sangat mendukung dalam kekuatan suatu negara. Karena SDM merupakan hal penting dalam kemajuan suatu wilah negara.

- faktor karakter nasional

- faktor moral nasional

moral yang baik bisa sangat mendukung dalam upaya memajukan suatu negara

- faktor kualitas diplomasi

- faktor kualitas pemerintahan

  1. Jelaskan bahwa faktor georafi (luas, bentuk, batas negara) merupakan variabel kekuatan negara!

Jawab : luas wilayah, bentuk, dan batas negara merupakan variabel kekuatan negara karena faktor geografi merupakan hal utama dalam pembentukan kekuatan negara. Wilayah yang luas, bisa menjadi hal yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai hal. Bentuk wilayah yang berliku-liku (bentuk muka bumi yang bergelombang, seperti Indonesia) bisa menjadi faktor yang menguntungkan saat menyusun strategi. Dan batas negara harus jelas. Karena jika batas negara yang jelas maka peristiwa Sipadan dan Ligitan yang terjadi di Indonesia tidak akan terjadi lagi.

Tidak ada komentar: