Kamis, 20 November 2008

UTS GEOGRAFI POLITIK

Nama : R Ajat Hendrajat

Nim : 0800997

Kelompok : 1 (satu)

UTS : Geografi Politik (Take Home)

1. Jelaskan ruang lingkup kajian dari geografi politik?

Jawaban :

- Environmental relationships yaitu perbedaan dan keanekaragaman wilayah dan penduduk suatu negara. Hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan alamnya

- National Power yaitu kekuasaan negara. Pengaruh lingkungan alam terhadap ketahanan dan kekuatan nasional.

- Political Regional yaitu bersifat teoritis seperti dasar, tujuan dan ruang lingkup serta pengorganisasian keruangan, pembagian wilayah administrasi, batas negara dan masalah pengawasan wilayah.

2. Jelaskan pendekatan geografi politik dalam dalam membahas objek studinya! Berikan contoh dari masing-masing pendekatannya!

Jawaban :

Pendekatan studi geografi politik yaitu :

  1. Pendekatan Historis. Terkait pada asal mula dan perkembangan suatu negara.

Contoh : Indonesia bermula dari kerajaan-kerajaan dan daerah-daerah yang dijajah oleh belanda, memiliki kesamaan keinginan membebaskan diri dari kolonialisme untuk mencapai suatu kemerdekaan dan membentuk suatu negara yang utuh.

  1. Pendekatan Faktual. Menekankan pada kondisi geografis suatu negara akan berpengaruh terhadap kehidupan politiknya.

Contoh : negara-negara Asia Barat (Arab). Memiliki kondisi geografis yang relatif sama (bentang alam, sumber daya, agama, ras)

  1. Pendekatan Fungsional. Menekankan pada yang sifatnya nonpolitis.

Contoh : Jepang. Sebagai negara kepulauan jepang memilki variasi kondisi geografis, baik fisis maupun sosial dengan keunikan budaya dan kwalitas SDM yang baik.

  1. Pendekatan Relationship. Menekankan pada hubungan lingkungan alam berupa ketersediaan sumber daya alam.

Contoh : Singapura. Minimnya SDA tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan, sebaliknya dengan penerapan aspek-aspekpolitis dan ekonomis mampu meningkatkan kwalitas hidup dan kesejahteraan warga negaranya.

3. Geografi politik berbeda dengan geopolitik. Jelaskan perbedaannya dan berilah contoh konkritnya (minimal contoh 2 buah)

Jawaban :

Geografi politik lebih menekankan pada hubungan atau relasi antara kehidupan dan aktivitas politik dengan kondisi-kondisi alam suatu negara yang didalamnya terkait dengan lokasi, luas dan bentuk wilayah yang didasari oleh kegiatan ilmiah tanpa dibebani oleh tujuan untuk menanamkan nilai-nilai tertentu (obyektif).

Contoh : Masuknya geografi politik kedalam kurikkulum dalam pendidikan yang berarti geografi politik merupakan satu bidang keilmuan yang bersifat obyektif.

Geopolitik penekanannya lebih pada pemberian pemahaman dan menanamkan keberpihakan warga negara kepada negaranya.

Contoh : 1. Penanaman pemahaman mengenai wawasan nusantara

2. Pendidikan kewiraan mengenai bela negara.

4. Studi kekuatan (power) negara-negara menjadi kajian dari geografi politik. Jelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi kekuatan suatu negara ?

Jawaban :

Faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan negara :

  1. Faktor geografi
  2. Faktor Sumber pendapatan alami
  3. Faktor kemampuan industri
  4. Faktor militer ( teknologi, kepemimpinan, kuantitas, dan kwalitas perang)
  5. Faktor populasi
  6. Faktor karakter nasional
  7. Faktor moral nasional
  8. Faktor kwalitas diplomasi
  9. Faktor kwalitas pemerintahan

5. Singapura terkadang memiliki kekuatan yang lebih besar daripada Indonesia. Jelaskan unsur kekuatan bagi Singapura dibandingkan Indonesia?

Jawaban :

Singapura dijadikan sebagai bandar alih terbesar di dunia sedangkan Indonesia tidak dijadikan sebagai bandar alih. Singapura mempunyai hubungan diplomasi yang kuat dibanding Indonesia.

Tidak ada komentar: