Kamis, 20 November 2008

NAMA : INDRI IRENA
NIM : 0602815
KELAS : A
MATAKUL : GEOGRAFI POLITIK


1. Jelaskan ruang lingkup kajian geografi politik !
Jawab :
Definisi geografi politik adalah ilmu yang mempelajari relasi antara kehidupan dan aktivitas politik dengan kondisi – kondisi alam dari suatu Negara, atau dengan kata lain mempelajari the states and its natural environment. Berdasarkan pengertian diatas ruang lingkup kajian geografi politik hanya ada tiga yang pokok, yaitu mengkaji tentang :
a. Environmental relationships menekankan pada studiperbdaan dan kenegaraan wilayah Negara dan penduduknya dimuka bumi.konsep Environmental relationships menekankan pada hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungannya akibat dorongan kehidupan dan keanekaragaman wilayah Negara. Alexander dalam abdurachman (1987) menyatakan bahwa ada “ correlation between cultural differences on the one hand and differences in physical phenomena. Such as climate, soil, and landforms on the onter”. Prinsip ini merupakan prinsip paling tua yang dimulai dari determinisme lingkungan yang memandang lingkungan kehidupan manusia, masyarakat dan negara dipengaruhi dan di tentukan oleh keadaan alam sampai pada aliran posibilisme .
b. National power yaitu menekankan masalah power atau kekuasaan Negara. Prinsif nasional power dikembangkan oleh ratzel yang membahas sistermatis tentang pengaruh lingkungan alam terhadap ketahanan dan kekuatan nasional terdapat tujuh hukum perkembangan Alexaner dalam Abdurachman (1987) yaitu :
a. Menerangkan bahwa pertumbuhan keruangan negara bersama dengan pertumbuhan kebudayaan.
b. Pertumbuhan negara diikuti olehperkembangan aspek lain seperti : perdagangan, ideology, dan aktifitas keagamaan,
c. Negara tumbuh melalui penggabungan dan penyerapan unit negara terkecil.
d. Garis perbatasan adalah organ lingkungan suatu Negara yang menggambarkan pertumbuhan, kekuatan dan perubahan dalam suatu negara.
e. Proses pertumbuhan suatu negara, negara akan mencari wilayah politik yang berharga seperti garis pantai, lembah sungai, dataran, dan daerahj yang kaya akan sumbur daya alam,
f. Dorongan pertama untuk pertumbuhan teritorial datang dari sebuah Negara yang primitive diluar dari perbatasan, berasal dari peradaban yang lebih tinggi.
g. Gejala umum terhadap penggabungan cenderung sebagai expansi dari suatu negara kenegara lain dan cenderung menambah proses penyebaran, dengan katalain hasrat proses penggabungan untuk expansi selalu meningkat dan akan lebih besar.
c. Political region menitikberatkan pada hal- hal yang bersifat teoris seperti dasar, tujuan dan lingkup geografi politik serta pengorganisasian keruangan. Konsep political region menitikbertkan membahas tentang pembagian wilayah administrasi, batas wilayah administrasi, batas Negara dan masalah yang berhubungan dengan pengawasan wilayah kekuasaan negara.

2. Jelaskan pendekatan geografi politik dalam membahas objek studinya ! berikan contoh dari masing – masing pendekatannya
Jawab :
a. Pendekatan pertama adalah pendekatan historis yang mengkaji negara berdasarkan asal mula dan perkembangan suatu negara.pendekatan ini bermanfaat untuk mempelajari negara sebagai indifidual case.
b. Pendekatan kedua adalah pendekatan factual oleh Valkenburg ( Abdurachman 1982 ) digunakan untuk mempelajari kenyataan- kenyataan kehidupan politik suatu negara dengan sebagai unsur geografisnya seperti luas, bentuk wilayah, iklim, sumberdaya dan penduduk,
c. Pendekatan ketiga adalah pendekatan fungsional yang mempelajari tentang bagaiman suatu negara membina dirinya sendiri kedalam. Pendekatan ini mempelajari kekuatan- kekuatan yang sifatnya non politis seperti iklim, pegunungan penyebaran penduduk yang tidak merata, pengaruh faktor politik fisik dengan manusia terhadap aktifitas politik negara, bagaimana pengaruh aspek- aspek politik yang dilaksanakan terhadap aspek lain, bagaimana hubungan luar negeri dan bagaimana tingkat tegantungan suatu negara terhadap negara lain.
d. Pendekatan keempat adalah pendekatan relatiosif pendekatan ini lebih menekankan pada hubungan faktor- faktor lingkungan alam dengan aspek- aspek politik secara sederhana pendekatan ini digunakan untuk mengkaji kemakmuran suatu negara dilihat dari ketersediaan factor sumber daya alam. Perhitungkan kekayaan alam menjadi dasar dari kesadaran suatu bangsa untuk mempertahankan dan melangsungkan hidupnya.

3. Geografi politik berbeda dengan geopolitik. Jelaskan perbedaannya dan berilah contoh kongkritnya. (minimal contoh 2 buah)
Jawab :
Perbedaan antara geografi politik dengan geopolitik adalah terletak pada pemanfaatan ilmunya. Geopolitik dipelajari untuk member pemahaman dan menanamkan keberpihakan warga negara terhadap negaranya, sedangkan geografi politik adalah mempelajari wilayah – wilayah politik (Negara) di dunia secara ilmiah tanpa dibebani oleh keinginan untuk menanamkan nilai tertentu sebagai warga Negara. Geografi politik hampir mirip dengan kajian sejarah dan hubungan internasional, perbedaanya terletak pada objek kajian, geografi politik lebih konsisten mempelajari kekuatan suatu Negara dilihat dari kepemilikan sumber daya alam, penduduk, pemilihan umum, dan tema lainnya yang didalamnya terjadi interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam kehidupan politik.
Contohnya :
1. Di Negara amerika serikat warga negaranya memiliki rasa persatuan yang kuat, sejak taun 1993 geografi telah dijadikan mata pelajaran inti di setiap sekolah. Dan para ilmuan yang tergabung dalam National Research Council (NRC)menyadari bahwa mata pelajaran geografi (geografi politik ) harus diajarkan disekolah, bahkan untuk pengembangan yang lebih luas lagi perlu dimantapkan kembali dengan pembentukan panitia penggalian ilmu geografi yang diberi nama Rediscovering Geography Committee.

2. Pemerintah Amerika menentukan program- program seperti program K – 12 ( Kindergarten through grade 12 ) sebagai kurikulum setandar studi geografi untuk para pelajar yang terdiri atas 12 level atau tingkatan. Dan para pakar geografi pun merespon dengan baik dan setiap tahunan mengadakan pertemuan untuk memantapkan peran serta geografi untuk kepentingan nasional.


4. Studi kekuatan (power) Negara-negara menjadi bagian dari geografi politik. Jelaskan berbagai faktor yang memepengaruhi kekuatan suatu Negara.
Jawab :
Menurut Hans J. Morgenthau dalam bukunya politic Among Nations menyebutkan bahwa kekuatan suatu Negara mempunyai Sembilan unsure yaitu:
a. Faktor Geografi. Factor ini lebih menekankan kepada letak geografis suatu Negara. Seberapa besar dari letak geografis terhadap Negara tersebut khususnya dalam hal kekuatan atau power baik kekuatan kedalam maupun keluar. Terdapat empat usaha sistematis yang dilakukan unuk melakukan penurunan kekuatan secara geografis yanitu .
1. Menjauhkan pola kehidupan penduduk setempat dari keadaan lingkungannya
2. Menciptakan ketergantungan yang berkelanjutan dari pelumpuhan poternsi geografis
3. Penurunan daya tahan tubuh melalui obat- obatan kimia
4. Menolak bahan makanan dari negara berkembang masuk ke Negara kapitalis
b. Sumber pendapatan alami ( makanan atau bahan mentah ) adalah sumber daya alam yang berasal dari dalam Negara yang bias berupa bahan makanan, bahan mineral, sumber energy, sumber daya air, sumber daya tanah atau yang lainnya.
c. Kemampuan industri adalah kemampuan suatu Negara untuk memproduksi suatu barang yang berguna.
d. Militer ( teknologi, kepemimpinan, kualitas dan kuantitas angkatan perang)
e. Populasi adalah sejumolah penduduk atau penghuni suatu daerah yang menempati suatu negar dengan berbagai kehidupannya
f. Karakter nasional yanitu karakter dati keseluruhan warga Negara sifat- sifat kejiwaan akhlak dan budi pekerti manusia, watak
g. Moral nasional yaitu moral yang dimiliki oleh keseluruhan warga Negara baik buruknya moral nasional berpengaruh terhadap pandangan Negara lain terhadap negaranya
h. Kualitas diplomasi merupakan urusan penyelengaraan perhubungan antara dua Negara atau lebih dan bersifat resmi
i. Kualitas pemerintah pemerintah selaku pihak yang mengurus atau mengendalikan negara merupakan factor yang tak kalah penting menentukan power.

6. Jelaskan bahwa faktor geografi ( luas, bentuk, batas Negara) merupakan variabel kekuatan Negara.
Jawab :
Faktor Geografi. Faktor ini lebih menekankan kepada letak geografis suatu Negara. Seberapa besar dari letak geografis terhadap Negara tersebut khususnya dalam hal kekuatan atau power baik kekuatan kedalam maupun keluar. Salah satu contohnya adalah Negara Singapura yang mempunyai letak yang sangat strategis berdasarkan batas Negara yaitu berada diantara Laut Cina Selatan dan Selat Malaka, sehingga kapal kapal yang mengangkut barang-barang dari Asia Tenggara menuju Jepang, USA dan Eropa ataupun sebaliknya akan melewati Negara Singapura. Karena Laut Cina Selatan dan Selat Malaka ini adalah jalur perdagangan dan jalur penghubung yang terdekat sehingga dapat mengirit biaya transport. Dan berdasarkan luasnya Negara Singapura adalah Negara yang tidak luas hanya 618 km2 namun karena letaknya yang sangat strategis ini maka Singapura sebagai Bandar alih muatan kapal terbesar di dunia.
Tetapi dalam hal ini factor geografis bukan hanya posisi atau letak Negara. Faktor yang berhububngan dengan factor geografis adalah iklim, topografi, arus laut, hembusan angin, jenis tanah, factor geografis lainnya.